Minggu, 15 Februari 2015

Apa Beda Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet, perbedaan atau persamaan antara internet serta intranet ~ Bagi sebagian besar penduduk yang berada diperkotaan telah tak heran yang namanya internet, Serta dibeberapa tempat pedesaan juga telah banyak yg mengenal & menggunakan internet sebagai bagian dari kemajuan teknologi terkini.

Nah, jika intranet mungkin masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Sebenarnya fungsi dasar keduanya adalah sama, yaitu sama-sama menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lain. Hanya saja ruang lingkup penggunaannya saja yang memberikan perbedaan antara internet dan intranet.




Internet dan Intranet, pengertian internet itu sendiri ialah jaringan komputer yang saling berhubungan antara komputer yang satu dgn komputer yang lain melalui protocol berstandar international agar dpt saling berinteraksi, bertukar informasi serta protocol itu kita kenal dgn istilah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite ) Ruang lingkup yang dicapai ialah tidak terbatas,dan sangat luas dan hal ini pula yg menjadikan pemerintah kami bekerja extra utk membendung dampak negatif dari.internet tersebut.

Pengertian Internet dan Intranet, sedangkan pengertian Intranet adalah suatu jaringan pribadi atau perusahaan yang menggunakan protocol internet untuk berbagi informasi dlm lingkup lokal yg lebih kecil & dalam penggunaannya kita kenal pula dgn berbagai jenis topologi jaringan, Contohnya penggunaan LAN diperkantoran, sekolah & lain sebagainya. Komponen yang membangun sebuah intranet antara lain protocol TCP/IP, Ip address, Client / Server.



Jadi apa perbedaan antara internet serta intranet ?

Internet :

> Jaringannya menjangkau wilayah yang sangat luas

> User sangat banyak

> Bisa diakses kapan saja, oleh siapa saja dan dmn saja

> Berkecepatan tinggi berupa grafik, suara, video, teks

> Berkembang dengan cepat

Intranet :

> Jaringannya menjangkau wilayah lokal Per sekitar ( kecil / sempit )

> User terbatas , berskala kecil

> Akses terbatas, hanya komputer tertentu yang dpt mengakses

> Perkembangnya relatif lebih lambat

> Biasa digunakan di perkantoran, sekolah

Nah, ada perbedaan, tentu ada persamaan juga, berikut ini sedikit coretannya :

Persamaan internet serta intranet :

1. Sama-sama berupa jaringan

2. Sama-sama harus menggunakan komputer

3. Memiliki hubungan antar komputer

4. Utk membantu mengolah data

5. Sama-sama memerlukan alat penerima dan pengirim data

6. Media komunikasi serta penyimpanan data

Saat ini sudah banyak sekolah yg menggunakan intranet di samping internet tentunya, Sebenarnya ada manfaat yg dapat didapat jika sekolah menggunakan intranet, antara lain :

> Membuat sistem pengajaran / pembelajaran di sekolah menjadi lebih mudah

> Dapat dipergunakan utk lebih mengembangkan kurikulum yang berlaku

> Membantu siswa menambah ilmu pengetahuan Per informasi

> Membantu siswa mengakses info dengan cepat

Dan manfaat lain dari penggunaan internet ialah bisa digunakan utk berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan, sirahturahmi bahkan untuk mencari uang di internet. Tentunya para blogger sudah sangat paham dengan hal tersebut.

Nah, sekian dulu artikel perbedaan atau persamaan antara internet & intranet, semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses

Source : Apa Beda Internet dan Intranet

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda